Jamu Heritage

Jamu merupakan warisan budaya pengobatan asli Indonesia yang telah dilestarikan secara turun-temurun. Jamu, yang terdiri dari racikan berbagai tanaman herbal, dipercaya dapat memberikan khasiat baik bagi tubuh karena telah digunakan bahkan jauh sebelum dikenalnya dunia pengobatan modern.

4 April 2019
Social Media Day

Bagaimana Cara Mencegah Serangan Jantung Dari Usia Muda? Cari Tahu Disini !

Jamu Heritage Artikel

Serangan jantung menjadi salah satu penyakit yang menakutkan di masyarakat karena serangan jantung dapat datang tiba-tiba tanpa ada tanda sebelumnya. Selain itu serangan jantung juga pada jaman sekarang tidak hanya dialami oleh orang yang berusia lanjut, usia muda juga dapat mengalami serangan jantung karena banyak faktor. Berikut ini adalah cara untuk mengcegah serangan jantung sejak usia muda.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah merubah gaya hidup. Gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok harus segera dihilangkan karena merokok dapat merusak fungsi jantung. meskipun tidak merokok secara aktif, perokok pasif juga dapat mengalami hal yang sama dengan perokok aktif jika terpapar langsung dengan asap rokok.

Hal kedua yang harus diperhatikan adalah asupan gizi untuk tubuh. Diet yang sehat adalah senjata yang ampuh untuk melawan penyakit kardiovaskular, makanan yang kita makan akan berpengaruh langsung terhadap kondisi tubuh kita seperti kolesterol, diabetes, kelebihan berat badan, dan tekanan darah. Pilihlah makanan yang mengandung banyak sekali nutrisi, vitamin, kaya akan serat seperti sayuran dan buah-buahan, rendah kalori, dan rendah kadar garam. Untuk mengatur berat badan, koordinasikan diet dengan olahraga yang cukup sesuai dengan kalori yang masuk pada tubuh.

Hal ketiga adalah perhatikan kolesterol dalam darah. Lemak yang bersarang dalam darah adalah bencana yang menunggu untuk terjadi karena dapat menjadi pemicu serangan jantung. Beberapa hal yang harus diperhatikan pada kolesterol adalah Low Density Lipoprotein (LDL) kolesterol, High Density Lipoprotein (HDL) kolesterol, dan trigliserid. Low Density Lipoprotein (LDL) kolesterol adalah kolesterol jahat yang terdapat dalam darah yang seharusnya jumlahnya sedikit, karena jika LDL kolesterol memiliki kadar yang besar maka dapat mengancam jantung kita. High Density Lipoprotein (HDL) kolesterol adalah kolesterol yang baik dan kita harus memiliki HDL kolesterol yang cukup tinggi. Trigliserid adalah lemak yang dapat sering ditemukan dalam tubuh, trigliserid yang tinggi biasanya dikombinasikan dengan tingginya LDL kolesterol dan rendahnya HDL kolesterol. Maka dari itu LDL, HDL dan trigliserid harus selalu diperhatikan agar dapat mencegah serangan jantung.

Hal selanjutnya adalah turunkan tekanan darah yang tinggi. Di Amerika stroke memiliki andil yang cukup besar dalam penyebab kelumpuhan seseorang karena stroke sangat sulit untuk diobati dan bisa mengakibatkan kelumpuhan selamanya. Rubahlah kebiasaan menggunakan garam pada makanan dan gaya hidup dengan memiliki waktu olahraga yang teratur dan pola tidur yang cukup. Serta periksa dengan rutin tekanan darah. Tekanan darah yang optimal itu dibawah dari 120/80 mmHg.

Hal kelima yang harus diperhatikan adalah stress kita. Orang yang mengalami stress dapat mengakibatkan orang menjadi berlebihan dalam makan, meminum minuman beralkohol dan mulai merokok, hal tersebut lah yang dapat diakibatkan oleh stress sehingga berdampak buruk bagi kesehatan jantung dan hindari minuman beralkohol.

Itulah kelima hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan jantung dari usia muda agar dapat menghindari serangan jantung. Selalu perhatikan kesehatan mu karena mencegah sangat lebih baik daripada mengobati.

Salam Sehat !

Jamu Heritage


You must be logged in to post a comment.

Copyrights © 2017 Jamu Heritage. All Rights Reserved.