Jamu Heritage

Jamu merupakan warisan budaya pengobatan asli Indonesia yang telah dilestarikan secara turun-temurun. Jamu, yang terdiri dari racikan berbagai tanaman herbal, dipercaya dapat memberikan khasiat baik bagi tubuh karena telah digunakan bahkan jauh sebelum dikenalnya dunia pengobatan modern.

CPOTB

Taraf Kualitas Produk Jamu Heritage Dibuktikan Melalui Standar Produksi Yang Sangat Baik

Produk-produk Jamu Heritage sangat berkualitas karena memenuhi rekomendasi standar produksi CPOTB dari Badan POM Republik Indonesia.

CPOTB merupakan singkatan dari Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik.

Pada tahun 2015 ini, Jamu Heritage telah memenuhi rekomendasi standar produksi CPOTB yang ditetapkan oleh Badan POM RI. Pemenuhan standar tinggi ini menjadi bukti komitmen dari dr. Paulus W. Halim dan Jamu Heritage dalam memberikan produk berkualitas bagi konsumen.

Tidak seluruh industri herbal mampu memenuhi standar produksi baru dari Badan POM RI ini karena tingginya standar kualitas yang ditetapkan. Terbukti bahwa kami merupakan satu-satunya industri herbal di provinsi Banten yang mampu memenuhi syarat-syarat rekomendasi standar CPOTB.

Bahkan produk-produk Jamu Heritage melampaui beberapa syarat minimum yang ditetapkan diantaranya,

  • Syarat Uji Logam Berat
    Badan POM RI menetapkan setiap produk harus melampaui setidak-tidaknya TIGA uji logam berat.
    Sedangkan seluruh produk Jamu Heritage melewati LIMA Syarat Uji Logam Berat.
  • Syarat Uji Bahan Pengawet
    Badan POM RI menetapkan setiap produk harus melampaui setidak-tidaknya TIGA uji bahan pengawet.
    Sedangkan seluruh produk Jamu Heritage melewati LIMA Syarat Uji Bahan Pengawet.

Selain memenuhi standar produksi yang baik (melalui serangkaian persyaratan tes), seluruh produk Jamu Heritage juga didukung oleh bahan baku yang aman melalui petani-petani tanaman herbal organik binaan dari seluruh penjuru Indonesia.

Ke depannya, Jamu Heritage berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik melalui produk berkualitas bagi konsumen.

 

tanaman Kenikir

Tanaman ini Mampu Bunuh 98% Sel Kanker Hanya dalam 16 Jam

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Life Science, tanaman ini telah digunakan dalam pengobatan China dan mampu membunuh 98% sel-sel kanker payudara hanya dalam waktu kurang dari 16 jam.

Jika tanaman ini digunakan tanpa campuran bahan lainnya, akan menurunkan sebesar 98% dari sel-sel kanker payudara, tapi jika tanaman ini dikombinasikan dengan tanaman apsintus, hasil nya akan menghilangkan hampir sepenuhnya dari sel-sel kanker di tubuh Anda.

Di masa lalu, tanaman ini digunakan sebagai obat anti malaria yang kuat, dan kini, tanaman ini telah terbukti secara efektif mampu melawan sel kanker juga. Lalu, tanaman ajaib apakah itu?

Adalah artemisinin, tanaman ini merupakan turunan dari tanaman apsintus (artemisi annua).
Ada banyak penelitian yang membuktikan bahwa, artemisinin secara efektif dapat menyembuhkan penyakit.

Ekstrak tanaman ini telah diguna kan di China untuk melawan penyakit malaria selama ribuan tahun.
The bioengineers Henry Lai dan Narendra Singh dari University of Washington, Seattle, adalah dua ilmuwan yang pertama kali menemukan hal ini. Hasil penelitian mereka telah membuktikan bahwa sel kanker akan mengalami apoptosis (hancur dengan sendirinya).

Sampai saat ini, sangat sulit untuk mendapat kan ekstrak tanaman ini dengan harga rendah.  Tetapi, dengan meningkatnya permintaan atas tanaman ini, harga yang ditawarkan perlahan mulai bisa diterima masyarakat.

Produsen farmasi Perancis “Sanofi” berusaha memproduksi sekitar 50-60 ton Artemisinin setiap tahunnya, dan berharap jumlah tersebut dapat memenuhi permintaan pasar dunia.

Tanaman ini banyak terdapat di Indonesia dengan nama lain ” KENIKIR.”

Tanaman ini biasa dikonsumsi sebagai lalapan, suka juga dibuat pecel, gantinya kangkung murah meriah karena banyak terdapat di kebun-kebun.

Sumber: intisari

Buah-Buahan untuk menurunkan kolesterol

Buah-Buah yang Dapat Membantu Menurunkan Kolesterol

Apabila tidak dikendalikan, kolesterol tinggi sangat berbahaya karena bisa memicu terjadinya stroke atau bahkan serangan jantung. Selain dengan berolahraga dan minum obat kolesterol, Anda juga harus perhatikan apa saja yang Anda makan.

Mulailah mengurangi makanan tinggi lemak jenuh, seperti gorengan, dan perbanyak makan makanan sehat seperti buah dan sayur. Ya. Ada banyak buah yang bisa membantu menurunkan kolesterol.

Tingginya kadar kolesterol dalam darah akan menyebabkan lemak menumpuk dan mengeras di dinding pembuluh darah. Pada akhirnya, plak lemak ini dapat mempersempit pembuluh darah sehingga darah tidak bisa mengalir dengan lancar. Penyempitan pembuluh darah inilah yang meningkatkan risiko seseorang terkena serangan jantung dan/atau stroke.

Buah-buahan mengandung serat yang larut air. Serat larut air dapat mengikat asam empedu, sehingga dapat menurunkan penyerapan lemak dan kolesterol dalam darah. Salah satu jenis serat larut yang terbukti dapat menurunkan kolesterol hingga 10% adalah pektin.
Selain serat, buah-buahan juga mengandung senyawa-senyawa kimia yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik HDL, yang membantu memperlancar aliran darah dan mencegah terjadinya penyakit jantung. Nah, apa saja buah penurun kolesterol yang wajib dikonsumsi rutin?

1. Apel
Apel, terutama kulitnya, mengandung pektin — serat larut air yang ampuh menurunkan kolesterol. Pektin bekerja menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus, untuk dibawa keluar tubuh lewat urin dan feses.
Apel juga mengandung vitamin dan antioksidan polifenol yang membantu mengurangi peradangan. Terlebih, serat apel memberikan rasa kenyang yang lama sehingga Anda dapat menghindari ngidam makan makanan yang tidak sehat.

2. Alpukat
Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. Alpukat juga kaya akan vitamin, mineral, serta, dan senyawa yang menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. Mengonsumsi 1 buah alpukat per hari bisa membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL).
Penelitian menunjukan selain memengaruhi kadar kolestrol, alpukat dapat memberikan rasa kenyang yang lebih tahan lama — bahkan hingga 3-5 jam setelah dikonsumsi — dan menstabilkan kadar gula darah. Alpukat juga kaya akan glutathione, antioksidan yang berperan dalam mencegah kanker dan penyakit jantung.

3. Pir
Pir termasuk buah yang tinggi serat alami. Satu buah pir ukuran sedang dapat mencukupi 16% kebutuhan serat harian Anda. Bahkan, nilai serat buah pir lebih tinggi daripada apel. Jenis serat yang terdapat dalam pir adalah pektin. Pektin mengikat kolesterol dan mengangkutnya keluar dari tubuh sehingga kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh bisa menurun.

4. Berries (strawberry, blueberry, cranberry)
Keluarga beri kaya akan pektin, serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus, sehingga kadar kolesterol jahat menurun dan tergantikan dengan kolesterol baik HDL.
Pada penelitian milik Erlund et al dengan 72 subjek penelitian yang memiliki faktor risiko penyakit kardiovaskuler menunjukan bahwa asupan 2 porsi buah berry per hari (1 porsi setelah makan siang, 1 porsi setelah makan malam) dapat meningkatkan kadar kolestrol baik HDL dan menurunkan tekanan darah sistolik.

Pada penelitian Basu et al dengan subjek 16 wanita, asupan rutin dari buah berry menurunkan kolestrol LDL dalam 4 minggu. Selain itu, buah-buahan kelompok berry ini juga tinggi akan polifenol, antioksidan yang baik dalam tubuh.

5. Anggur
Sama dengan buah yang lainnya, anggur juga kaya akan serat larut air yang dapat mengikat kolestrol yang terserap di usus halus. Penelitian menunjukan bahwa anggur memiliki senyawa antioksidan tinggi, apalagi anggur merah. Antioksidan dapat membantu meningkatkan kolestrol HDL dan menurunkan kolestrol jahat LDL serta trigliserida dalam darah. Itu sebabnya anggur menjadi camilan yang sangat baik untuk orang-orang yang memiliki aterosklerosis koroner.
Antioksidan quercetin yang hadir dalam anggur juga dapat melawan peradangan di dalam tubuh.

6. Pepaya
Pepaya merupakan buah penurun kolesterol HDL yang juga tinggi antioksidan seperti likopen, vitamin C, dan vitamin E.
Kolestrol bisa menempel pada pembuluh darah jika terjadi oksidasi, hingga akhirnya berkumpul membentuk plak dan menutupi pembuluh darah. Vitamin E dan C pada pepaya akan menyatu dengan enzim yang disebut paraxonase yang akan menghambat terjadinya oksidasi kolesterol di dalam pembuluh darah.

7. Jambu biji
Jambu biji mengandung vitamin dan antioksidan yang bekerja melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Kadar kalium dan serat larut air dalam jambu biji pun dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah, sementara menaikkan kadar kolesterol baik HDL yang dapat mencegah berbagai penyakit jantung.
Penelitian yang dilakukan di Malaysia selama 9 minggu menunjukan bahwa asupan buah jambu biji sebanyak 400 gram per hari meningkatkan total kolestrol HDL dalam darah dan kadar antioksidan di dalam tubuh.

8. Jeruk
Jeruk kaya akan serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus. Buah penurun kolesterol berwarna oranye ini mengandung d-limonene, senyawa kimia yang bermanfaat untuk melarutkan kolesterol dan sekaligus membantu menghambat perkembangan kanker kanker payudara dan kanker usus. Manfaat jeruk sebagai antikanker ini dilaporkan oleh sebuah penelitian pada tahun 2007 silam.

Jeruk juga merupakan buah yang tinggi kadar vitamin C. Vitamin C tidak hanya bekerja membantu mencegah penumpukan kadar kolestrol LDL, tetapi juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler.

Mari, Mulai dari sekarang biasakan rajin makan buah setidaknya 2-3 porsi dalam sehari untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Sumber: Kompas.Com

kombinasi makanan

Mengkombinasikan Makanan ternyata banyak Manfaatnya Jika Disantap Bersamaan

Pada dasarnya setiap orang akan memilih makanan yang enak dimulut. Namun untuk alasan kesehatan, jangan makan makanan yang hanya enak di mulut saja. Ada baiknya konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi serta vitamin yang sudah jelas memberi manfaat bagi tubuh.

Nah, untuk memperoleh manfaat yang lebih maksimal lagi. Anda bisa melahap dua makanan tertentu secara bersamaan, seperti dikutip dari shape.com.sg. Apa saja makanan-makanan itu?

1. Teh hijau dan lemon

Teh hijau dikenal karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Teh hijau mengandung kompenen utama katekin, superoksidan, bukan hanya antioksidan. Katekin akan bekerja dengan baik jika ditambahkan dengan beberapa jus lemon ke minuman. Vitamin C dan unsur lain dalam jus tersebut membantu menstabilkan katekin agar tidak terjadi degradasi. Selain menghilangkan haus, minum teh hijau bersama dengan lemon juga akan membantu mengisi tenaga.

2. Sayuran dan minyak zaitun

Tuangkan salad atau tumis sayuran Anda dengan sedikit minyak. Ini bisa membantu penyerapan tujuh nutrisi mikronutrien yang ditemukan pada sayuran, termasuk karoten, lycopene, vitamin A, E, dan K. Menurut sebuah penelitian yang ditunjukkan oleh seorang ilmuwan di Iowa State University.

Menurut Wendy White, peneliti sekaligus profesor ilmu pangan dan gizi manusia, menambah jumlah minyak dapat meningkatkan penyerapan nutrisi. Namun tidak boleh berlebih, cukup dua sendok makan sehari. Untuk percobaan ini, Wendy bereksperimen menggunakan minyak kacang kedelai yang kerap digunakan dalam salad dressing komersial.

3. Salad dan telur

Selain mendapatkan asupan protein, memasangkan telur utuh dengan salad yang terdiri dari kacang, biji-bijian dan alpukat membantu menyerap empat sampai tujuh kali lebih banyak vitamin E. Fungsi vitamin E sebagai antioksidan dan bersifat anti-inflamasi.

4. Sereal dan susu

Tubuh terkadang tidak mendapat cukup vitamin D. Karenanya, Anda bisa menaikkan kadar vitamin D dengan mengonsumsi ikan, seperti tuna dan salmon. Selain pada ikan, vitamin D juga hadir dalam keju dan kuning telur.

Namun cara lain yang lebih simpel untuk mendapatkan asupan vitamin D adalah dengan mengonsumsi susu dan sereal dalam waktu yang sama, misal pada saat sarapan.

5. Daging dan sayuran

Zat besi dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah, yang mengangkut oksigen melalui tubuh Anda. Selain itu zat besi bisa mengatasi kelesuan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Namun, kebanyakan wanita tidak mendapatkan cukup asupan zat besi tersebut, padahal ini sangat penting selama masa kehamilan.

Zat besi terkandung pada daging dan ikan. Agar zat besi dapat diserap dengan lebih baik bisa disajikan secara berbarengan dengan makanan yang kaya vitamin C, seperti sup tomat, salad, tumis paprika, atau sayuran seperti brokoli, kembang kol dan brussel sprouts.

diet tinggi serat

Sedang Diet Sehat dengan Diet Tinggi Serat

Saat ini ada berbagai macam jenis diet untuk menurunkan berat badan. Salah satu diet yang dipercaya mampu menurunkan berat badan dengan cepat yaitu diet tinggi serat. Seberapa efektifkah diet jenis tersebut dan bagaimana cara kerjanya?

Serat adalah karbohidrat yang ditemukan pada makanan nabati seperti buah, sayur, dan biji-bijian.  Tidak seperti karbohidrat lainnya, serat tidak mudah dipecah dan dicerna oleh tubuh. Karena itu, serat justru akan menggelontor dan melancarkan sistem percernaan dengan mudah tanpa menyebabkan kenaikan kadar gula darah.

Inilah mengapa serat umumnya dapat membantu menurunkan kolesterol, mencegah sembelit, dan mengatasi berbagai masalah gangguan pencernaan.

Serat terbagi menjadi dua macam, yakni serat larut dan serat tidak larut. Apa bedanya serat tidak larut dan serat larut? Berikut perbedaannya.

  1. Serat tidak larut

Sesuai namanya, serat tak larut memang tidak bisa larut dalam cairan. Serat ini berfungsi membantu mencegah sembelit. Biasanya, serat jenis ini ditemukan di biji-bijian, sereal gandum, dan sayuran seperti wortel, seledri, serta tomat.

  1. Serat larut

Serat yang larut dalam air akan menyerap cairan sehingga wujudnya akan mengental dalam pencernaan Anda. Serat ini membantu mengendalikan kadar gula dalam darah dan mengurangi kolesterol. Serat jenis ini bisa Anda temukan pada bubur gandum, kacang-kacangan, apel, buah beri, serta pir.

Bagaimana serat bisa menurunkan berat badan?

Pada dasarnya, serat membantu mengurangi berat badan dengan cara membuat kita merasa kenyang tanpa memakan banyak kalori. Serat merangsang reseptor yang memberi tahu otak bahwa sudah waktunya berhenti makan.

Dalam hal ini serat tidak bekerja sendirian, serat butuh asupan air yang cukup supaya bisa bergerak melalui sistem pencernaan. Selain itu, mengonsumsi air juga membantu melawan rasa lapar.

Hal yang perlu diingat, jika Anda berencana untuk melakukan diet tinggi serat, lakukan secara bertahap. Hal ini dimaksudkan agar tubuh mampu menyesuaikan diri. Perut terasa kurang nyaman, kram, bahkan diare bisa

Studi dari American Heart Association menunjukan bahwa orang-orang yang memperbanyak porsi makanan berserat tanpa mengurangi porsi makanan lainnya, kehilangan berat badannya sebanyak orang yang diet rendah lemak. Dari studi tersebut dapat disimpulkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak serat cenderung memiliki bobot tubuh yang lebih sehat.

 

Makanan tinggi serat

Dalam diet tinggi serat, Anda harus mengonsumsi makanan tinggi serat sesuai dengan ketentuan. Wanita di bawah 50 tahun disarankan mengonsumsi paling tidak 25 gram serat per harinya. Sedangkan pria butuh lebih banyak serat, yaitu sekitar 38 gram setiap hari.

Pilih makanan yang paling alami dan tidak melewati terlalu banyak proses olahan, maka akan semakin tinggi seratnya. Selain itu, semua buah dan sayuran mengandung serat, kebanyakan serat terkandung dalam kulitnya. Itu berarti memakan apel, pir, anggur, dan jambu dengan kulitnya lebih baik. Dengan syarat Anda sudah membersihkan dan mencuci buah sampai bersih.

Berikut beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk melakukan diet tinggi serat:

  • Biji-bijian dan gandum seperti bubur gandum (oatmeal), kuaci, dan chia seed
  • Roti, terutama jenis roti gandum
  • Buah-buahan seperti pir, raspberry, blackberry, dan pisang
  • Sayuran seperti brokoli, wortel, dan sawi

Manfaat lain dari diet tinggi serat

Selain terbukti menurunkan berat badan, ada beberapa keuntungan lain dari diet tinggi serat, di antaranya:

  1. Membantu menjaga kesehatan usus.

Serat yang terkandung dalam makanan meningkatkan berat dan ukuran feses serta melembutkannya. Jika makanan yang Anda konsumsi membuat feses lebih cair, serat akan membantu memadatkannya karena serat menyerap banyak air. Selain itu, diet tinggi serat menurunkan risiko terjadinya wasir dan penyakit di usus besar.

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Serat yang ditemukan dalam kacang-kacangan serta gandum membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Studi juga menunjukkan bahwa makanan berserat tinggi bermanfaat untuk kesehatan jantung lainnya, seperti mengurangi tekanan darah dan pembengkakan jantung.

  1. Mengendalikan kadar gula dalam darah

Serat larut dapat membantu memperlambat penyerapan gula dan memperbaiki kadar gula dalam darah. Diet sehat yang mencakup serat yang tidak larut juga dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 (kencing manis).

Sumber: Kompas.com

Micin bisa mempengaruhi kinerja otak ? ini penjelasan dari dokter ahli

Micin Bisa Mempengaruhi Kinerja Otak ? Ini Penjelasan dari Dokter Ahli

Saat ini sedang banyak istilah generasi micin yang ditujukan pada anak muda. Namun hingga kini pun banyak masyarakat yang memperdebatkan apakah benar penyedap rasa MSG atau micin punya pengaruh pada kinerja otak atau tidak.

Hal ini wajar saja. Sebab, meski Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) telah mengategorikan MSG sebagai makanan yang aman, tapi tidak ada yang benar-benar pasti di dunia sains.

Penelitian soal micin pun terus dilakukan untuk benar-benar memastikan keamanannya.

Penyedap rasa atau yang lebih akrab dengan sebutan micin memiliki kandungan monosodium glutamat yang terdiri dari air, natrium, dan glutamat. Glutamat yang juga terkandung dalam susu, keju, daging, ikan, dan beberapa sayuran adalah zat penting yang dapat mengubah rasa makanan jadi lebih nikmat.

Dalam artikelnya di laman hellosehat, dr Ivena menulis bahwa kandungan asam glutamat itu dapat membuat sel-sel saraf otak lebih aktif dan membuat makanan menjadi lebih lezat. “Selama ini kebanyakan efek samping yang dilaporkan setelah mengonsumsi makanan yang mengandung MSG memang terjadi pada sistem saraf di otak. Karena itu, MSG secara tidak langsung bisa membuat seseorang jadi ‘lemot’,” tulisnya seperti dilansir Minggu (12/11/2017).

“Lemot” atau lemah otak adalah istilah yang dipilih dr Ivena untuk menggambarkan penurunan fungsi kognitif otak. Fungsi kognitif otak antara lain berpikir logis, mengambil keputusan, merekam informasi ke dalam ingatan, menyelesaikan masalah, dan menjaga konsentrasi.

Mungkin akan timbul pertanyaan, apa hubungan penyedap rasa dengan kemampuan otak manusia? Dokter Ivena mengatakan, otak memiliki banyak saraf yang bertugas menerima berbagai macam rangsangan. Saraf yang bertugas menerima rangsangan disebut reseptor yang jumlahnya ada di bagian hipotalamus otak.

“Nah, glutamat dalam penyedap rasa punya banyak reseptor yang ada di hipotalamus. Karena itu, efek kebanyakan glutamat di otak bisa membahayakan. Reseptor-reseptor dalam otak jadi terangsang secara berlebihan akibat kadar glutamat yang tinggi. Bila terus-terusan terjadi, alhasil aktivitas reseptor yang berlebihan malah bisa sebabkan kematian neuron,” ujarnya.

Padahal, neuron yang merupakan sel-sel saraf berperan penting untuk menjalankan fungsi kognitif otak. Kematian neuron berarti fungsi kognitif otak turun dan menyebabkan seseorang menjadi lemot.

Tulisan yang datanya ditelaah dr Yusra Firdaus itu juga menyebutkan bahwa monosodium glutamat memiliki efek buruk lain bagi sistem saraf. Dampaknya menyebabkan sakit kepala, insomnia, dan kelelahan.

“Monosodium glutamat juga dapat menimbulkan gejala-gejala depresi dan kecemasan. Hal-hal tersebut tentu dapat memengaruhi kinerja seseorang dan dapat berdampak negatif,” paparnya.

Oleh karena itu, mereka pun menyarankan untuk tidak mengonsumsi banyak MSG atau micin. Meski dampak yang ditimbulkan tidak terjadi dalam sekejap, tetapi jika Anda menambahkan MSG dalam makanan sehari-hari, maka lama-lama efeknya juga akan menumpuk.

Mereka menyarankan, lebih baik untuk menggunakan rempah-rempah alami sebagai pengganti micin, misalnya kunyit, jahe, lada, cengkeh, kayu manis, kemiri, dan ketumbar. Terkait hal ini, Persatuan Pabrik Monosodium Glutamate dan Glutamic Acid Indonesia (P2MI) memberikan tanggapannya yang diterima Kompas.com, Selasa (28/11/2017).

Menurut kesimpulan mereka, MSG aman untuk dikonsumsi asal dalam takaran penggunaan secukupnya.

Sumber : Kompas.com

musim hujan

Musim Hujan Tiba Seiring dengan Penyakit Langganan, Apa Saja Penyakitnya Itu ?

Seiring menurunnya suhu udara akibat musim hujan, penyakit dan gangguan kesehatan akibat cuaca dingin juga mulai meningkat.

“Udara dingin memunculkan beberapa risiko kesehatan, terutama bagi lansia,” ujar dokter spesialis geriatri dari Harvard Medical School, dokter Suzanne Salamon, mengutip Health Harvard, Selasa (28/11). Selama ini kita tahu bahwa flu akan menyerang kita pada saat musim hujan. Namun , Tidak cuma flu yang sering jadi penyakit langganan di suhu dingin, berikut beberapa gangguan kesehatan yang sering muncul di musim hujan:

  1. Flu dan demam

Anda bisa mencegah flu dan demam dengan rajin mencuci tangan. Hal ini akan menghilangkan kuman yang mungkin menempel ketika Anda menyentuh permukaan benda yang juga disentuh orang lain. Sangat penting juga untuk menjaga kebersihan peralatan rumah tangga, seperti gelas, piring, dan handuk. Terutama jika ada anggota keluarga yang sedang sakit.

Tips: Jika Anda flu, gunakan tisu kertas dan bukannya sapu tangan, untuk menghindari paparan kuman berkali-kali.

  1. Radang tenggorokan

Mengutip NHS, radang tenggorokan sering terjadi saat cuaca dingin, dan hampir selalu disebabkan oleh infeksi viral. Ada bukti menunjukkan, perubahan suhu, seperti dari ruangan yang hangat pindah ke luar ruangan yang dingin, yang bisa mengganggu tenggorokan.

Tips: Salah satu obat mujarab untuk radang tenggorokan adalah dengan berkumur menggunakan air garam.

Aduk satu sendok teh garam ke dalam air matang yang sudah dingin. Namun, hal ini tidak akan menyembuhkan infeksi, tapi bisa memberi efek menenangkan dan membuat badan jadi lebih nyaman pada musim hujan.

  1. Asma

Cuaca dingin adalah pemicu utama simtom asma, seperti mengi dan napas pendek. Orang-orang dengan asma harus ekstra hati-hati saat cuaca dingin.

Tips: Usahakan tetap berada di dalam ruangan ketika saat cuaca sedang sangat dingin dan berangin. Jika keluar, gunakan syal, tutupi hidung dan mulut.

Beri perhatian khusus terhadap konsumsi obat harian, dan pastikan inhaler selalu berada dalam jangkauan.

  1. Norovirus

Norovirus adalah virus flu perut yang sangat mudah menular. Mereka bisa menyerang sepanjang tahun, tapi jadi lebih berbahaya saat cuaca dingin dan di tempat-tempat seperti hotel, rumah sakit, panti jompo, dan sekolah. Walaupun penyakit ini sangat tidak enak, karena bikin penderitanya mengalami muntah-muntah parah, virus ini biasanya hilang hanya dalam beberapa hari.

Tips: Ketika Anda mengalami muntah-muntah dan diare, sangatlah penting untuk minum banyak cairan untuk menghindari dehidrasi. Anak-anak dan orang tua sangatlah rentan.

  1. Nyeri sendi

Nyeri Sendi Kebanyakan orang yang memiliki artitis mengatakan, sendi mereka jadi lebih sakit dan kaku saat cuaca dingin, walaupun belum diketahui kenapa bisa begini. Tidak ada bukti yang menunjukkan, perubahan suhu menyebabkan kerusakan sendi.

Tips: Banyak orang jadi sedikit depresi saat musim dingin, dan hal ini membuat mereka jadi lebih sensitif terhadap rasa sakit. Semuanya terasa jadi lebih buruk, termasuk kondisi medis.

Olahraga secara rutin bisa mendongkrak kondisi mental dan fisik seseorang. Bagi mereka dengan gangguan sendi, berenang adalah pilihan yang paling aman.

  1. Serangan jantung

Serangan jantung lebih sering terjadi saat cuaca dingin. Hal ini bisa jadi akibat suhu dingin meningkatkan tekanan darah dan memaksa jantung bekerja ekstra. Belum lagi, jantung juga harus bekerja lebih berat untuk menjaga suhu tubuh ketika dingin.

Tips: Jika ada memiliki risiko serangan jantung, usahakan selalu berada di tempat yang hangat. Ketika harus keluar, pastikan mengenakan pakaian yang bisa menjaga hangat tubuh.

 

template artikel (5)

Bagaimana Tingkat Kesehatan di Masa Depan? Ini Pandangan Jack Ma

Apa kata Jack Ma tentang kesehatan dimasa depan ?

Anak laki laki Jack Ma, Ma Zheng Kun yang lahir tahun 1992, karena mengidap penyakit kanker otak telah meninggal dunia pada tahun 2014.

Kabar duka cita di pertengahan Tahun, bagi Jack Ma adalah seperti kilat petir di hari yang cerah, Karena Group Raksasa Alibaba tidak bisa diwariskan kepada anak kandungnya sendiri.

Jack Ma berkata : Sepuluh tahun yang akan datang kanker akan menghantui setiap keluarga, jangan menolak orang yang membicarakan tentang kesehatan kepada anda.

Jangan menolak teman yang membicarakan kesehatan kepada anda, menolak mereka sama dengan menolak hidup kita sendiri, lihat bagaimana cara pandang Jack Ma !

Jack Ma berkata :
10 tahun lagi ada 3 macam kanker yang akan menghantui setiap keluarga, yang paling khawatir adalah keluarga yang tidak memiliki uang yang cukup untuk berobat.

Kami percaya 10 tahun kemudian 3 macam kanker yang akan menghantui setiap keluarga di China adalah kanker hati, kanker paru paru dan kanker lambung.

Kanker hati kebanyakan karena air minum, kanker paru paru karena udara yang kita hirup, kanker lambung karena makanan kita.

30 tahun yang lalu ada berapa orang yang mengetahui siapa yang mengidap kanker, dulu kanker adalah suatu penyakit langka, sekarang menjadi suatu penyakit yang umum.

Di dunia ini tempat tidur apa yang paling mahal ? tempat tidur untuk orang sakit

Sebuah perkataan yang sangat bagus dari Jack Ma tentang kesehatan :

Ada orang yang bisa menggantikan anda mengemudi mobil, menghasilkan uang, menghabiskan uang, tapi tidak ada orang yang bisa menggantikan anda sakit.

Barang yang sudah hilang masih bisa dicari kembali, tapi ada satu barang yang sudah hilang tidak bisa kembali lagi, yaitu HIDUP.

Saat seorang sedang masuk ke ruang operasi baru menyadari ada satu buku yang belum dibaca, yaitu buku cara menjaga kesehatan dan memproteksi diri dan keluarga !

Perbaiki komposisi muscle dan bodyfat anda mulai sekarang dengan TR 90 sebagai langkah awal disambung dengan JAMU ( jaga mulut ) untuk maintenance selanjutnya. Kalau tidak dari sekarang kapan lagi kalian mau berubah ?

TR 90 adalah singkatan dari Transform your life in 90 days ( ubahlah hidup anda dalam 90 hari ) … You are what you eat
Salam sehat sejahtera selalu untuk kita semua

Pesan Moral, cara makan yg baik dan jangan di balik an :
> Makan pagi harus seperti Raja
> Makan siang harus seperti rakyat &
> Makan malam harus seperti pengemis

 

template artikel (4)

Tekan Risiko Kematian Sejak Dini

JAKARTA,—Kanker paru masih menjadi salah satu penyebab kematian utama di seluruh dunia. Hal itu karena gejala kanker paru-paru tidak dapat dideteksi sejak dini. Maka dari itu, kesadaran masyarakat terhadap kanker paru harus terus ditingkatkan agar risiko kematian akibat kanker paru-paru bisa ditekan sejak dini.

Pada kampanye bulan kepedulian kanker paru, Sabtu (25/11), di Jakarta, Perhimpunan Dokter Spesialis Onkologi Radiasi Indonesia (Pori) dengan Komite Penanggulangan Kanker Nasional menekankan pentingnya membangun kesadaran masyarakat terhadap bahaya kanker paru-paru.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, pada 2015 terdapat hampir 1,7 juta orang yang didiagnosis mengidap kanker paru. Sementara menurut laporan Global Burden Cancer pada 2012, terdapat 1,2 juta (16,8 persen) angka kejadian baru pada kanker. Dari jumlah tersebut, lebih dari 1 juta (30 persen) kematian disebabkan oleh kanker paru.

Menjauhi rokok

Dokter Departemen Pulmonologi dan Respiratori Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Elisna Syahruddin mengatakan, mendeteksi sel kanker paru sejak dini belum bisa dilakukan karena teknologi belum menunjang. Elisna menyampaikan bahwa hal paling baik yang bisa dilakukan masyarakat adalah pencegahan primer dengan cara benar-benar menjauhi rokok. Hal lainnya adalah secara aktif melakukan pemeriksaan rutin ke dokter ahli paru-paru oleh kelompok risiko yang mencakup perokok dan berusia 40 tahun ke atas.

Elisna menjelaskan, harapan hidup pasien selama lima tahun bisa masih besar jika gejala kanker paru-paru segera disadari pada stadium awal. Setelah itu mesti dilakukan tindakan operasi. Menurut Elisna, kanker selama ini menjadi pembunuh utama karena gejalanya terlambat disadari.

“Biasanya baru tahu kalau seseorang mengidap kanker paru ketika sudah stadium tiga atau empat. Kalau di keluarga ada yang kanker artinya kewaspadaan harus ditingkatkan,” ujar Elisna.

Ketua Komite Penanggulangan Kanker Nasional Soehartati Gondhowiardjo mengatakan, gejala kanker paru yang patut diperhatikan setiap orang adalah batuk.

Menurut Soehartati, tidak ada batuk yang biasa. Jika seseorang mengalami batuk dalam jangka waktu lama, bahkan sampai mengeluarkan darah dan disertai penurunan berat badan yang tidak wajar, hal itu menjadi pertanda awal mengidap kanker paru-paru.

“Batuk bisa menjadi pertanda awal seseorang mengidap kanker paru-paru,” ujarnya. (DD10)

Sumber : Kompas, 27 November 2017

template artikel (3)

Makan alpukat bikin gendut? Hoax! Alpukat justru banyak manfaatnya

Alpukat bisa dikatakan sebagai buah yang luar biasa, karena selain lezat rasanya, buah ini juga banyak memiliki manfaat bagi tujuan kesehatan. Ada beberapa pendapat yang mengatakan jika makan alpukat itu buruk karena banyak mengandung lemak, namun sebenarnya kenyataanya tidak demikian. Bahkan dengan makan alpukat justru dapat membantu kita agar merasa kenyang lebih lama, sehingga baik untuk membantu mengontrol kelebihan berat badan.

Ahli di Loma Linda University melakukan penelitian apakah menambahkan alpukat segar untuk makan siang memiliki efek pada respon insulin, kadar gula darah, dan perasaan kenyang lebih lama.

Berikut Manfaat buah Alpukat :

1.Manfaat untuk Kehamilan

  • Alpukat adalah sumber alami folat, dimana yang sangat penting bagi perkembangan janin yang sehat. Versi sintetis asam folat direkomendasikan untuk semua wanita yang berencana mau hamil, dan makan buah alpukat adalah pilihan yang lebih sederhana, enak dan alami.

2.Alpukat mengandung lemak baik

  • Anda mungkin pernah mendengar bahwa Anda harus menghindari alpukat karena kandungan lemaknya yang tinggi. Memang benar, alpukat mengandung tinggi lemak . Namun lemak tinggi pada alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal atau ‘ lemak baik ‘ , yang akan membantu menjaga kesehatan jantung, dan membantu untuk menurunkan tekanan darah.

3.Sumber vitamin E tinggi

  • Alpukat adalah buah yang mengandung vitamin E tertinggi. Vitamin E merupakan vitamin penting, yang membantu untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Vitamin E juga memiliki efek positif pada penyakit jantung, stroke, pencegahan kanker, dan pengembangan katarak, dan banyak diklaim memiliki sifat antipenuaan.

4.Sumber serat

  • Alpukat mengandung serat, baik larut dan serat tidak larut. Hal ini berarti ia juga membantu mengurangi kadar kolesterol dengan cara mencegah penyerapan kembali oleh tubuh, membantu mempertahankan fungsi usus,  dan dapat mencegah lonjakan gula darah setelah makan.

5.Lebih sehat dan bebas residu insektisida

  • Hingga saat ini tidak ada tanaman alpukat yang direkayasa secara genetika. Alpukat memiliki kulit yang tebal, sehingga inti buah terlindungi dari pestisida. Oleh alasan itu, alpukat bisa dikatakan sebagai buah organik.

6.Menurunkan Kolesterol

  • Sebuah studi telah menemukan penurunan kadar kolesterol sebanyak 17%, pada peserta yang meningkatkan makan alpukat selama satu minggu. Para peneliti mempercayai hal ini disebabkan oleh beta sitosterol,  yang sebelumnya telah ditemukan membantu menurunkan kadar kolesterol.

7.Dapat membantu mencegah Stroke

  • kandungan folat yang tinggi dalam alpukat juga bermanfaat untuk mengurangi resiko stroke. Orang yang makan makanan yang mengandung folat tinggi telah terbukti lebih sedikit yang terkena serangan stroke, dari pada yang hanya sedikit makan makanan yang mengandung folat.

Kandungan Buah Alpukat juga terdapat pada produk CurSterol. Berguna untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit berbahaya.

Copyrights © 2017 Jamu Heritage. All Rights Reserved.