Jamu Heritage

Jamu merupakan warisan budaya pengobatan asli Indonesia yang telah dilestarikan secara turun-temurun. Jamu, yang terdiri dari racikan berbagai tanaman herbal, dipercaya dapat memberikan khasiat baik bagi tubuh karena telah digunakan bahkan jauh sebelum dikenalnya dunia pengobatan modern.

26 March 2019
est 1995

Benarkah Bedak Bayi Bisa Menyebabkan Beberapa Penyakit Kanker?

Kebanyakan ibu-ibu akan menggunakan bedak bayi untuk mengurangi kelembapan dan mengurangi gesekan serta dapat membantu mencegah ruam dan iritasi kulit dari luka gesekan. Bedak sendiri merupakan mineral terlembut yang dapat menyerap minyak, kelembaban, dan bau, dan mengurangi gesekan.

Bahan utama dari bedak bayi adalah salah satu mineral yang disebut “Talek”. Bedak talek juga merupakan bahan dari berbagai produk makeup, seperti bedak perempuan dan foundation. Talek menjadi populer sebagai produk kosmetik ketika sebuah produsen mulai menjualnya di akhir 1800-an.

Mineral talek sendiri adalah mineral yang secara alami cenderung ada di dekat asbes di bumi.  Asbes adalah mineral yang terbentuk secara alami dengan efek karsinogenik (penyebab kanker) yang diketahui. Karena kedekatannya dengan tanah, banyak orang mengklaim bahwa bedak juga menyebabkan kanker.

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk mengetahui apakah adanya hubungan antara bedak bayi dengan kanker dan Tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa bedak menyebabkan kanker.

Masalah ini pertama kali diselidiki pada tahun 1971 ketika para peneliti menemukan partikel bedak pada tumor ovarium. Sebuah studi selanjutnya pada tahun 1982 melihat kemungkinan hubungan antara kanker ovarium dan penggunaan bedak pada alat kelamin.

Baru-baru ini, sebuah penelitian tahun 2014 tidak menemukan hubungan antara talek dan kanker ovarium. Namun, penelitian dari 2016 menemukan bahwa menggunakan bedak pada alat kelamin dapat meningkatkan risiko kanker ovarium sebesar 33 persen pada peserta. Namun, penelitian ini mengandalkan wawancara pribadi berdasarkan ingatan peserta, yang mungkin tidak akurat.

Menurut tinjauan 2018, ada hubungan yang lemah tapi signifikan secara statistik antara kanker ovarium dan bedak yang digunakan pada alat kelamin. Namun, mengingat bukti yang bertentangan ini, serta banyak faktor risiko kanker ovarium lainnya, seperti usia yang lebih tua, terapi hormon jangka panjang, riwayat keluarga, dan genetika, para ilmuwan tidak dapat mengatakan dengan pasti bahwa bedak talek menyebabkan kanker.

Nb : catatan bahwa untuk suatu kesimpulan yang pasti masih diperlukan penelitian lanjutan.


You must be logged in to post a comment.

Copyrights © 2017 Jamu Heritage. All Rights Reserved.