Jamu Heritage

Jamu merupakan warisan budaya pengobatan asli Indonesia yang telah dilestarikan secara turun-temurun. Jamu, yang terdiri dari racikan berbagai tanaman herbal, dipercaya dapat memberikan khasiat baik bagi tubuh karena telah digunakan bahkan jauh sebelum dikenalnya dunia pengobatan modern.

23 July 2019
NPIC-201952181053

Presiden Jokowi Rutin Meminum Ramuan Herbal Jahe, Kunyit, Temulawak, dan Gula Aren. Ini Manfaat Sehatnya

Jakarta – Pada video singkat di Instagram, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberitahukan racikan minuman yang selalu ia nikmati pada pagi hari. Ada kunyit hingga temulawak yang jadi bahannya. Apa saja manfaat sehatnya?

Di media sosial Instagram @jokowi menampilkan video keseharian Presiden Jokowi. Pak Presiden terbiasa minum racikan minuman sehat sebelum bekerja. “Pagi hari ini saya akan memulai aktivitas kantor tapi ini masih di rumah, di Istana Bogor. Biasanya saya kalau pagi itu sebelum beraktivitas minum jamu,” ujar Jokowi di video.

Jamu yang di maksud adalah campuran beberapa rempah sehat. Ada temulawak, jahe, dan kunyit yang jadi bahan utama. Semua rempah itu ditumbuk atau dirajang-rajang. “Kemudian diseduh air panas, disaring kemudian diminum,” jelas Jokowi soal cara pembuatan jamu yang sudah ia minum sejak 18 tahun lalu ini. Dilihat dari manfaat sehatnya, temulawak, jahe, dan kunyit masing-masing memang memiliki keistimewaan. Berikut manfaat sehat rempah pilihan pak Jokowi.

1. Temulawak
Temulawak merupakan tanaman rimpang yang bentuknya mirip kunyit dengan umbi lebih besar. Temulawak dikenal dengan manfaat meningkatkan nafsu makan pada anak. Penggunaannya pun sangat jamak di dalam pembuatan jamu.

Manfaat lain dari konsumsi temulawak adalah mengatasi masuk angin dan mengatasi demam. Sementara kandungan phelandren dalam temulawak diyakini bisa mengeluarkan toksin dari dalam tubuh.

2. Jahe
Jahe terkenal dengan efeknya hangatkan perut dan tenggorokan. Rempah ini pun sering ditambahkan ke dalam racikan minuman hangat seperti wedang atau teh. Jahe disebut-sebut ampuh sehatkan sitem pencernaan, atasi mual, serta masuk angin.

Sebuah penelitian di Pakistan juga pernah mengungkap khasiat jahe yang lain. Jahe diyakini bisa jadi obat diare alami karena kandungan vitamin C dan B6 di dalamnya.
Kandungan hebat lain pada jahe adalah minyak atsiri yang memiliki sifat anti-inflamasi. Karenanya jahe menjadi obat yang sangat baik untuk flu, sakit kepala dan nyeri haid.

3. Kunyit
Dalam konsumsinya, kunyit memang kerap jadi pelengkap temulawak. Rempah berwarna kuning ini mengandung kurkumin, antioksidan yang ampuh cegah peradangan di tubuh. Saat kunyit dan temulawak disandingkan, keduanya sangat baik dalam meningkatkan stamina.

Seseorang akan merasa tidak mudah lelah dan lebih berenergi. Hal ini disebut karena kandungan tonikum di dalamnya.Manfaat lain dari kunyit adalah sehatkan pencernaan. Beberapa penelitian mengungkap kunyit bantu kurangi gejala acid reflux. Juga mempengaruhi bakteri dalam usus dan cara berkomunikasi antara usus dan otak.
Product : Curandro, Curcatrol, Curano

4. Gula aren

Ketika rempah di atas direbus jadi satu, beberapa orang menambahkan gula aren agar ada sentuhan manis yang enak. Gula aren sendiri sudah populer sebagai alternatif gula sehat. Gula ini berasal dari nira pohon enau yang diproses alami. Dibanding gula putih, gula aren mengandung lebih sedikit kalori.

Indeks glikemiknya juga rendah sehingga tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang signifikan saat dikonsumsi.Selain kandungan gulanya yang lebih sedikit, gula aren juga diketahui mengandung senyawa-senyawa lain yang bermanfaat seperti thiamine, riboflavin, asam askorbat, protein dan juga vitamin C.

 

Sumber : Detik.com

 


You must be logged in to post a comment.

Copyrights © 2017 Jamu Heritage. All Rights Reserved.