Jamu Heritage

Jamu merupakan warisan budaya pengobatan asli Indonesia yang telah dilestarikan secara turun-temurun. Jamu, yang terdiri dari racikan berbagai tanaman herbal, dipercaya dapat memberikan khasiat baik bagi tubuh karena telah digunakan bahkan jauh sebelum dikenalnya dunia pengobatan modern.

20 August 2018
Trombosit

Bagaimana Cara Menaikan Trombosit Dengan Alami, Berikut Adalah Caranya

20 Agustus 2018,

 

Salah satu faktor kecil yang sangat  butuh diperhatikan juga pada tubuh kita adalah trombosit. Trombosit adalah keeping-keping sel yang mengalir di dalam tubuh kita, dan bertugas untuk menghentikan pendarahan jika terjadi luka. Cara kerja sel trombosit adalah menutupi pembuluh darah yang luka dengan membentuk benang fibrin, dan lama kelamaan luka akan menutup.

Sel trombosit ini mempunyati bentuk kepingan bulat jika kita melihatnya dengan puluhan kali zoom, sel trombosit diproduksi oleh sumsum tulang manusia. Struktur aktif dari trombosit mudah pecah apabila sudah berada di luar pembuluh darah atau terkena benda keras. Pada beberapa kasus, ada orang yang mengalami penurunan trombosit atau kekurangan trombosit, sehingga mereka butuh cara untuk menaikkan trombosit.

kekurangan trombosit dapat mengakibatkan mengalami penyakit tifus, memar, pendarahan di lambung, pendarahan di hidung dan gusi, demam berdarah, anemia aplastik, leukimia, mielofibrosis, dan terutama pendarahan akan sulit berhenti. Beberapa orang mungkin terlambat menyadari kalau dirinya ternyata mengalami penurun trombosit atau kekurangan trombosit. Ciri-ciri yang paling mudah terlihat adalah ketika Anda mempunyai luka kecil maupun besar, penutupan luka akan terjadi dalam waktu yang relatif lama. Maka tak lain Anda sedang kekurangan trombosit. Yang paling umum ketika mengalami kekurangan trombosit adalah terkena penyakit tipes maupun demam berdarah. Hal ini menjadikan cara menaikkan trombosit seharusnya jadi hal yang umum untuk diketahui masyarakat.

Menaikan trombosit ternyata bisa dengan secara alami dari sayuran dan buah-buahan. Ini adalah beberapa makanan yang bisa menaikan trombosit kita.

  1. Jambu biji

Sudah merupakan rahasia umum jika jambu biji digunakan sebagai cara menaikkan trombosit. Ketika ada kerabat yang sedang sakit demam berdarah otomatis kita akan membawa jambu biji ketika menjenguk mereka. buah jambu kaya akan vitamin C. Untuk meningkatkan trombosit Anda bisa mengkonsumsi jambu biji dengan cara langsung dimakan atau dijus.

  1. Bayam

Bayam kaya akan vitamin K yang memang dibutuhkan oleh tubuh bisa ditempuh untuk jadi cara menaikkan trombosit. Cara menaikkan trombosit dengan daun bayam adalah dengan merebus 5 daun bayam dengan 2 gelas air. Rebus hingga air menguap dan tinggal 1 gelas. Minum airnya. Lakukan setiap hari.

  1. Biji-bijian

Vitamin B9 yang ada pada hampir semua biji-bijian dapat jadi cara menaikkan trombosit dalam darah Anda.

  1. Kacang-kacangan

Almond, kacang tanah, walnut, pistachio, berbagai kacang-kacangan lainnya mengandung vitamin D, K, dan fibrinogen yang membantu penyerapan kalsium sehingga bisa jadi cara menaikkan trombosit.

  1. Mengkonsumsi makanan sehat

Salah satu cara menaikkan trombosit pada tubuh Anda, tentu Anda harus lebih sering dan rajin mengkonsumsi makanan-makanan sehat yang diolah dengan cara yang baik pula seperti sayuran dan buah-buahan.

  1. Konsumsi makanan mengandung vitamin B12 dan asam folat

Salah satu cara menaikkan trombosit yang berperan penting adalah vitamin B12 dan asam folat. Makanan kaya akan asam folat seperti bayam, jeruk, kacang. Makanan kaya vitamin B12 antara lain telur, susu, keju, hati ayam, daging kambing, dan lainnya.

Makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 adalah telur omega 3 ataupun beberapa jenis ikan. Bisa juga minyak ikan dan minyak biji rami. Asam lemak omega-3 dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan jadi cara menaikkan trombosit.

  1. Konsumsi makanan kaya akan vitamin C

Mendongkrak dan memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan mengkonsumsi vitamin C seperti jeruk ataupun suplemen vitamin C dapat menaikkan trombosit secara alami.

  1. Perbanyak minum air mineral

Sel darah terbuat dari air dan protein, maka dengan minum banyak air akan menghasilkan lebih banyak sel darah dan bisa jadi cara menaikkan trombosit.

Demikian cara-cara untuk menaikan trombosit dengan alami, apabila ada sudah mengalami ciri-ciri seperti, penutupan luka akan terjadi dalam waktu yang relatif lama atau terkena penyakit tipes dan demam berdarah. kekurangan trombosit harus segera diatasi karena untuk membantu tubuh sehat dan bugar kembali.

 


You must be logged in to post a comment.

Copyrights © 2017 Jamu Heritage. All Rights Reserved.