Jamu Heritage

Jamu merupakan warisan budaya pengobatan asli Indonesia yang telah dilestarikan secara turun-temurun. Jamu, yang terdiri dari racikan berbagai tanaman herbal, dipercaya dapat memberikan khasiat baik bagi tubuh karena telah digunakan bahkan jauh sebelum dikenalnya dunia pengobatan modern.

31 July 2018
Gerd

APA ITU GERD (Gastroesofagal Refluks)?

31 Juli 2018, 11:04 WIB

GERD adalah kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus. Esofagus yang juga dikenal sebagai kerongkongan adalah bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Penyakit asam lambung merupakan masalah kesehatan yang cukup umum terjadi di masyarakat.

Salah satu kasus GERD yang terkenal adalah kasus dokter Ryan Thamrin yg meninggal mendadak akibat GERD. Setelah dr. Ryan Thamrin meninggal dunia, kita diharuskan mengetahui tentang apa itu asam lambung atau disebut GERD.

AKIBAT GERD

Akibat dari GERD Jika asam lambung itu naik dan memasuki ke bagian dada, maka dibagian dada akan terasa panas seperti terbakar. Lalu Jika asam lambung naik mengenai area jantung, maka ritme detak jantung bisa terganggu sehingga jantung bisa berdebar-debar kencang. Jika asam lambung itu naik ke area paru-paru, maka akan mengganggu fungsi paru-paru sehingga kita akan menjadi sering sesak nafas.

Jika asam lambung itu naik ke bagian THT (Tenggorokan, Hidung dan Telinga), maka tenggorokan akan sering terjadi radang, dan tenggorokan akan sulit menelan. Jika tenggorokan terjadi infeksi, dan kemudian menyempit, inilah yang membuat penderita akan merasakan bila tidur seperti dicekik orang, dan tenggorokan senantiasa terasa ada yang mengganjal.

Lalu apa yang terjadi pada hidung jika sering terkena asam lambung yang naik? Hidung bisa mengalami sinusitis. Gejalanya seperti flu yang tak sembuh-sembuh sepanjang tahun. Bayangkan. Flu satu hari saja rasanya tak nyaman, bagaimana jika itu terjadi dalam sehari-hari selama sepanjang tahun?

Lalu bagaimana pula jika asam lambung merembes ke bagian telinga? Orang yang terkena maag kronis, yang kemudian berkembang menjadi GERD, sering kemudian pendengaran menjadi berkurang, bahkan bisa kehilangan pendengarannya sama sekali.

Bukan hanya Tenggorokan, Hidung dan Telinga saja yang kemudian bisa terganggu. Namun, mata pun bisa terkena dampak dari naiknya asam lambung ke mana-mana. Penglihatan orang sakit maag dan GERD sering menjadi terganggu karena syaraf-syaraf mata terganggu oleh asam lambung yang merembes ke mata. Sehingga menjadi kabur penglihatannya.

PENYEBAB PENYAKIT MAAG

Banyak penderita Maag berpikir bahwa sakit Maag itu dsebabkan karena telat makan, minum kopi, makan asam, pedas, beras ketan, atau bersantan, namun ternyata penyebab utamanya bukan itu. Telat makan, Kopi, asam & pedas, ketan, santan dan sebagainya itu hanya penyebab sekunder. Penyebab utama sakit maag yang paling banyak adalah justru:

  • STRESS dan KURANG GERAK

STRESS menduduki tempat paling utama penyebab asam lambung. Konsentrasi asam lambung meningkat beberapa kali lipat jauh lebih tinggi justru saat Stress dibanding saat telat makan.

Selain itu kurangnya gerak tubuh membuat gerak peristaltic pada usus dan lambung melemah sehingga asam lambung tidak terproses dengan baik dan menumpuk. Seperti contoh setelah makan langsung berbaring, hal itu akan membuat usus tidak mencerna dengan baik, akibatnya bisa memicu asam lambung keluar lebih banyak karena lambung “berpikir” bahwa makanan tersebut kurang terlumat dengan baik pada prosesn pencernaan sebelumnya.

Untuk mencegah maag kambuh, Anda perlu menghindari faktor pencetus seperti di atas dan sebaiknya makan dalam porsi kecil namun lebih sering.

Bila keluhan maag Anda disertai rasa terbakar dari ulu hati menjalar hingga leher dan pangkal lidah, disertai mulut terasa pahit, gigi mudah berlubang, bau mulut, maka kemungkinan Anda mengalami GERD (gastroesofagal refluks) yaitu bentuk maag yang lebih berat karena terjadi aliran balik asam lambung dan menyebabkan iritasi sepanjang saluran pencernaan atas.

  • KONSUMSI YANG KELIRU

Banyak mereka yg sakit Maag mengira bahwa konsumsi sayur dan buah bisa membantu mengurangi gejala sakit maag. Konsumsi daging yang cukup justru sangat membantu penderita sakit Maag karena daging lebih lama proses cernanya daripada sayur atau buah sehingga asam lambung bekerja maximal menghancurkan daging yg anda makan, bukan menghancurkan tubuh anda.

  • SAKIT MAAG KARENA BAKTERI HELICOBACTERPYLORI

Ada salah satu penyebab sakit Maag yg disebabkan karena serangan bakteri, jika parah hal ini perlu penanganan medis khusus. Kalo gak percaya, anda coba test sendiri, tidak usah sikat gigi sebelum tidur, maka besoknya jika sakit maag anda kambuh maka kemungkinan sakit maag anda disebabkan oleh bakteri Helicobacterpylori yg sebenarnya bakteri yg penting juga utk proses cerna & umumnya bersarang di mulut, tapi jika berlebih karena tidak sikat gigi & kemudian tertelan hingga ke lambung, akan menyebabkan asam lambung.

Asam lambung itu normal & penting bagi proses cerna dlm tubuh. Tapi jika berlebih & tidak dikelola dgn baik bisa melumpuh

OBAT HERBAL UNTUK SAKIT MAAG

Dari sekian banyak informasi tentang penyakit asam lambung dan GERD, jamu heritage memiliki obat herbal yang cocok dan pas untuk penderita asam lambung dan maag yaitu Curgastrik. Curgastrik dengan bahan-bahan alami menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi sakit maag atau asam lambung meningkat. Selain itu curgastrik juga memiliki beberapa khasiat seperti mengatasi sendawa berlebih, dan sariawan yang berkepanjangan.

 


You must be logged in to post a comment.

Copyrights © 2017 Jamu Heritage. All Rights Reserved.