Jamu Heritage

Jamu merupakan warisan budaya pengobatan asli Indonesia yang telah dilestarikan secara turun-temurun. Jamu, yang terdiri dari racikan berbagai tanaman herbal, dipercaya dapat memberikan khasiat baik bagi tubuh karena telah digunakan bahkan jauh sebelum dikenalnya dunia pengobatan modern.

20 September 2018
Curcumin

Curcumin Dapat Membantu Perawatan Kanker dan Kemoterapi

Kurkumin bekerja dalam tubuh dengan menjadi proses yang digunakan untuk meningkatkan kualitas perawatan kanker dan kemoterapi Anda. Sementara beberapa kemoterapi telah dikembangkan untuk bisa menargetkan sel-sel tertentu, namun kebanyakan obat terapi tidak spesifik dan mempengaruhi semua sel dalam tubuh Anda. Beberapa penelitian dalam dekade terakhir telah menunjukkan potensi yang menarik untuk kurkumin dalam perang melawan kanker.

Selain perubahan pada sel-sel tubuh, para peneliti telah menemukan curcumin dapat membantu melindungi tubuh Anda terhadap kerusakan yang disebabkan dari kemoterapi dan perawatan radiasi, dan itu dapat meningkatkan efek dari perawatan yang sama ini, membuatnya lebih efektif. Efek ini telah ditunjukkan pada hewan percobaan yang mengalami tumor kepala dan leher, dan dalam kanker payudara, kanker esofagus dan usus besar.

Pasien yang diobati untuk leukemia myeloid kronis dengan kemoterapi menunjukkan penurunan faktor pertumbuhan kanker ketika kurkumin ditambahkan ke protokol pengobatan, berpotensi meningkatkan hasil kemoterapi karena hanya digunakan sendiri. Perlindungan terhadap terapi radiasi ditunjukkan dalam sebuah penelitian yang menggunakan pasien kanker payudara yang menerima terapi radiasi. Pada akhir penelitian, mereka yang mengonsumsi kurkumin memiliki sedikit kerusakan radiasi pada kulit mereka.

Curcumin juga efektif melawan angiogenesis pada tumor, atau pertumbuhan pembuluh darah baru untuk memberi makan pertumbuhan sel kanker yang berlebihan, dan melawan metastasis.Curcumin mampu mempengaruhi sel kanker melalui berbagai jalur dan telah memenuhi sifat-sifat untuk agen pencegahan kanker yang ideal karena memiliki toksisitas rendah, terjangkau dan mudah diakses. Namun, meski efektif, ia memiliki bioavailabilitas yang buruk dengan sendirinya.

Beberapa Jenis Kanker Dapat Dipengaruhi oleh Curcumin

Penelitian menunjukkan bahwa walaupun kurkumin memiliki banyak jalur di mana ia mempengaruhi sel kanker, zat ini juga memiliki efek pada beberapa jenis kanker. Studi memperkirakan bahwa genetika mungkin memainkan peran di sekitar 5 persen dari semua kanker, dengan mayoritas pertumbuhan kanker dikaitkan dengan pilihan gaya hidup.

Penelitian menunjukkan curcumin menunjukkan aktivitas melawan kanker payudara dan mengurangi efek toksik terhadap beberapa agen kemoterapi yang umum digunakan. Mitomycin C adalah obat antineoplastik yang kuat. Namun, penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan sumsum tulang, dengan pertumbuhan tumor sekunder. Kurkumin tampaknya mengurangi efek samping Mitomycin C dan meningkatkan efisiensi obat pada saat yang sama.

Studi lain menunjukkan bahwa kurkumin menghambat pertumbuhan dan metastasis sel kanker paru. Salah satu kanker paling mematikan di seluruh dunia, kanker pankreas, juga muncul untuk menanggapi penggunaan kurkumin dalam uji praklinis. Efek antiproliferatif pada kanker pankreas tampaknya berasal dari penurunan stres oksidatif dan angiogenesis dan memicu apoptosis sel kanker.

Apoptosis, tindakan anti-inflamasi, pengurangan angiogenesis dan pengurangan efek buruk dari agen kemoterapi juga telah menyebabkan para peneliti mempertimbangkan kurkumin sebagai terapi tambahan dalam pengobatan kanker hati. Kurkumin juga menghambat dan memperlambat perkembangan kanker kandung kemih pada tikus, menghentikan pembentukan metastasis pada kanker prostat, dan ketika dikombinasikan dengan ultrasound, meningkatkan kematian sel kanker serviks.

Untungnya, sekarang ini curcumin sangat mudah ditemukan karena menjadi salah satu komposisi terbesar dalam obat herbal Curcatrol yang diformulasikan oleh dokter Paulus W Halim selama 30 tahun untuk mengobati dan mencegah kanker. Curcatrol juga memiliki 100% komposisi alami sehingga tidak memiliki efek samping untuk pengobatan jangka panjang.

 


You must be logged in to post a comment.

Copyrights © 2017 Jamu Heritage. All Rights Reserved.